Rencana Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2016

10:56
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan tiga ujian nasional (UN) di tahun 2016. Ujian nasional pertama merupakan ujian perbaikan bagi peserta Ujian Nasional tahun 2015 yang belum memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL) pada satu atau lebih mata pelajaran, dan berkeinginan memperbaikinya. Ujian Nasional kedua, merupakan ujian utama tahun 2016 dengan kisi-kisi baru, dan Ujian Nasional ketiga merupakan perbaikan bagi peserta Ujian Nasional tahun 2016.

Rencana ujian nasional tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Totok Suprayitno, pada rapat koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala LPMP, dan Kepala P4TK seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Totok menyebutkan tanggal-tanggal penting untuk pelaksanaan ketiga Ujian Nasional tersebut. Ujian Nasional pertama yang dijadwalkan adalah Ujian Nasional perbaikan 2015 yang akan dilaksanakan pada 22 Februari 2016. Untuk Ujian Nasional utama 2016 akan dilaksanakan mulai 4 April, dan Ujian Nasional perbaikan tahun 2016 akan dilaksanakan awal Juni/September.

Untuk materi ujian disesuaikan dengan jenis Ujian Nasional. Ujian Nasional perbaikan tahun 2015 materi ujiannya sesuai dengan kisi-kisi UN 2015. Untuk Ujian Nasional utama 2016 materi ujiannya ada tiga, yaitu :
  1. Irisan kurikulum KTSP dan K13, 
  2. Kisi-kisi Ujian Nasional yang dikeluarkan BSNP (bersifat makro), dan 
  3. Sesuai dengan ketuntasan kurikulum.
Sedangkan untuk Ujian Nasional perbaikan 2016, materinya sama dengan Ujian Nasional utama 2016.
Dari sisi pelaksanaan, Ujian Nasional perbaikan 2015 akan dilakukan dengan berbasis komputer. Ujian akan dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas/Kejuruan serta Madrasah Aliyah/Kejuruan di domisili siswa saat ini dan siswa dapat mendaftar secara online ke dinas provinsi. Untuk Ujian Nasional utama di 2016 akan dilaksanakan di sekolah masing-masing dengan berbasis kertas dan komputer. Sedangkan untuk Ujian Nasional perbaikan 2016, mekanismenya sama dengan Ujian Nasional perbaikan 2015, yaitu berbasis komputer dan pendaftaran dilakukan secara online di dinas provinsi.

Demikian sedikit informasi mengenai rencana pelaksanaan ujian nasional di tahun 2016 pada sekolah / madrasah.

Share this :

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

[+] Berkomentarlah dengan bahasa yang santun

[+] Mohon tidak meninggalkan live link

[+] Terima kasih telah berkomentar